Monday, April 4, 2016

TAFSIR CINTA “ASSALAMUALAIKUM”

TAFSIR CINTA “ASSALAMUALAIKUM”
Oleh: M. Andhis Abdillah S.Pd.

Ya Allah berikanlah kesempatan hidupku di dunia ini bersama anak yang sholeh….Itulah doa yang penulis panjatkan ketika bersama dengan para santri kepada Allah.  Layaknya seorang guru di pagi hari bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah/madrasah, yang penulis  bayangkan adalah  wajah  santri yang sholeh dan sholehah (rasanya ingin segera bertemu dengannya). Salah satu amalan santri yang saya rindukan adalah UCAPAN SALAMNYA yaitu Assalamualaikum.  Alhamdulillah selama  mengajar di SD  Islam Terpadu Daarul Fikri Bandung  para santrinya sudah membiasakan untuk mengucapkan salam kepada setiap orang yang bertemu, termasuk guru, staf pegawai dan tamu yang berkunjung ke sekolah. Salah satu penguat kami   adalah doa yang anak berikan melalui ucapan salam (Assalamualaikum).
InsyaAllah benih-benih cinta kasih sayang akan terikat dengan kuat, layaknya peranan guru yang ikhlas menyampaikan ilmunya  dan santri  yang hormat/taqdim pada gurunya. Hal ini, bisa dilaksanakan dengan kalimah Assalamualaikum.
Yang penulis rasakan, adalah ketika tiba di sekolah semua santri berbaris rapih menyambut guru dengan berlarian dan antri untuk bersalaman dan mengucapkan salam. Adapun hikmah dari perjalanan penulis bersma santri terkait ucapan salam (Asslamualaikum) adalah:
    1. Makna dan Hikmah dari Asslamualaikum  adalah Semoga Allah limpahkan keselamatan pada  kalian semua. Kalimat ini mengandung makna doa. Kita sudah mengetahui begitu hebatnya peranan doa dalam kehiduapn kita, termasuk doa keselamatan. Jika kita ditanya ‘apakah kita ingin selamat? Tentunya pasti ingin selamat. Ini adalah jawaban yang sama setiap orang mustahil kalau pun berbeda.  Sangatlah beruntung bagi orang yang diberikan salam (Assalamualaikum)  karena ia di doakan agar selamat. Selamat disini tidak hanya selamat di dunia tetapi global (di dunia dan akhirat).
22. Lipatan pahala  keberkahan mengucapkan  dan menjawab salam adalah ketika penulis rasakan ketika  tiba di sekolah/madrasah, jika  dihitung santri jumlahnya 217 semuanya bersalaman dan mengucapkan salam (Asalamualaikum)  maka doa keselamatan yang diberikan, Alhamdulillah  sangat banyak. Insya Allah akan di ijabah/qabul oleh Allah dan keselamatan akan tercurah pada kita semua amin (termasuk diijabah semua urusan akhirat dan dunia dan di i stiqomahkan dalam ‘ibadah). Intinya selamat dunia dan akhirat.

Pesan penulis berkenaan Salam (Assalamualaikum):

Latihlah anak-anak kita untuk membiasakan mengucapkan salam ketika ( bertemu dengan saudara/orang lain, masuk ke rumah/kelas/ruangan). Pembiasaan ini, memanglah tidak mudah kecuali dengan kesabaran dan istiqomah insyaAllah akan  bisa. Awali dengan diri kita untuk membiasakan mengucapkan salam, melalui contoh sikap InsyaAllah anak-anak kita akan meniru/mentauladani sikap baik kita.


0 comments:

Post a Comment