Monday, March 28, 2016

KARAKTERISTIK HAMBA ALLAH DALAM AL-QUR`ĀN

Karakteristik Hamba Allah dalam Al-Qur`ān

(Studi Tafsir Q.S. Al-Furān ayat 63-70)


Pada era globalisasi ini, menghadirkan berbagai tuntutan perubahan dalam segala pola perilaku kehidupan yang menimbulkan ancaman dan tangtangan yang harus siap dihadapi. Dalam hal ini, pendidikan mempunyai arti penting untuk merespon ancaman dan tantangan tersebut, sehingga diharapkan menjadi motivator, dinamisator, dan filter untuk peningkatan kualitas hidup dan karakter anak bangsa. Sumber pendidikan Islām ialah Al-Qur`ān, karena memiliki nilai mutlak yang diturunkan dari Allah SWT. Surat Al-Fur`qān ayat 63-70  merupakan bagian dari Al-Qur`ān   yang menjelaskan tentang Karakteristik Hamba Allah dan Implikasinya terhadap pengembangan pendidikan Islam.
Bertolak dari latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan yang akan diteliti yaitu: (1) Bagaimanakah Karakteristik Hamba Allāh dalam Q.S. Al-Furqān ayat 63-70 dan (2) Implikasi Q.S. Al-Furqān ayat 63-70 terhadap Pengembangan Pendidikan Islām. Penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif dengan metode tafsīr mauḍū’ī. Peneliti berusaha untuk me­nuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, dengan cara menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi bersifat komperatif dan korelatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode  studi pustaka (Library Reseach). Data utama yang digunakan peneliti adalah Tafsīr Al-Misbah, Terjemah Tafsīr Fidilalil Qur'ān, Terjemah Terjemah Tafsīr  Al-Qurțubī, Terjemah Tafsīr  Al-Aiśar dan Terjemah Tafsīr Ibnu Kaśir. Sementara data penunjang yang digunakan berupa buku-buku dan media internet yang relevan dengan kajian penelitian. Adapun teknik analisis  menggunakan kaidah dilālah lafẕi  dan munāsabah.
Berdasarkan hasil penelitian di dalam skripsi ini, dijelaskan bahwa Karakteristik Hamba Allah dalam Q.S. Al-Furqān ayat 63-70, yaitu: (1) Tawaḍu; (2) Șalat Qiyāmul Laīl ; (3) Berdoa; (4) Tidak Boros;  (5) Tidak Kikir;  (6) Tidak Musrik (7) Tidak Membunuh; (8) Tidak Berzina; (9) Taūbat. Sembilan Karakteristik Hamba Allah dalam Q.S. Al-Furqān [25] ayat 63-70 dapat di implikasikan  terhadap pengembangan pendidikan Islām dengan cara penjabaran atau operasionalisasi konkrit dari isi atau kandungan Al-Qur`ān dan As-sunnah yang diaplikasikan dalam kehidupan.


Kata Kunci : Hamba Allah, Al-Qur`ān, dan Pendidikan Islām

0 comments:

Post a Comment