Monday, March 28, 2016

KERANGKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN

KERANGKA PEMIKIRAN  PENDIDIKAN

(Q.S Al-Furqān Ayat 63-73)
             
                            


 Gambar 1.2.

Kerangka Berpikir Penelitian

Potret keadaan manusia saat ini mengalami perubahan dalam segala pola dan perilaku kehidupan yang menimbulkan krisis sosial. Hal ini diperlukan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Pada gambar 1.2. dijelaskan peranan Al-Qur`ān sebagai pedoman kehidupan manusia di muka bumi yang berisi wahyu Allāh SWT yang disampaikan melalui nabi Muhammad SAW kepada umatnya.
Al-Qur`ān mengandung ajaran yang relevan untuk kehidupan manusia kapan saja dan di mana saja. Al-Qur`ān sebagai kitab solusi permasalahan yang hadapi saat ini. Maka dari itu, peneliti menganalisis isi kandungan Al-Qur`ān fokus analisis ayat Q.S. Al-Furqān [25] ayat 63-70. 
Setelah dipilih ayat yang akan dianalisis, peneliti menganalisis isi dengan metode mauḍū’ī` yaitu metode yang ditempuh oleh seorang mufasīr dengan cara menghimpun seluruh ayat-ayat Al-Qur’ān yang berbicara tentang suatu tema serta mengarahkan kepada satu  pengertian dan satu tujuan. Adapun tafsīr yang dijadikan sebagai rujukan, antara lain; Tafsīr Al-Misbah, Terjemah Tafsīr Fiẕilāl Al-Qur’ān, Terjemah Tafsīr  Al-Qurțubī, Terjemah Tafsīr  Al-Aisar dan Terjemah Tafsīr Ibnu Kaśīr. Kajian analisis tafsir ini yaitu dengan cara deskriptif-kompratif artinya membandingkan pandangan para mufasīr yang satu dengan yang lain, mensintesiskan, kemudian penulis menyimpulkan dengan tujuan menemukan Karakteristik Hamba Allāh yang termaktub dalam Q.S. Al-Fur’qan [25] ayat 63-70. Kemudian peneliti, menganalisis lagi implikasinya terhadap pengembangan pendidikan Islām sebagai upaya mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman dan bertakwa.























0 comments:

Post a Comment