Tuesday, March 29, 2016

KEBERKAHAN BERKUMPUL DENGAN ULAMA

KEBERKAHAN BERKUMPUL DENGAN ULAMA

Oleh: M. Andhis Abdillah S.Pd.

Alhamdulillah bisa berkumpul dengan para ulama, kyai, ustad dan para pencita ilmu. Hal ini merupakan perjalanan menggapai keberkahan dunia. Bersilaturahmi dengan para ulama merupakan aktivitas yang luar biasa karena berkumpulnya dengan ulama/orang yang sholeh akan mengantarkan diri kita untuk   mempunyai  keingingan atau motivasi menjadi ulama.  
Berawal dari tekad yang kuat , niat karena Allah ingin dekat dengan para ulama. Insyaallah diiringi dengan ikhtiar dan doa akan di ijabah oleh Allah apa yang dihajatkan. Salah satunya adalah ketika mengikuti MTQ Nasional  tingkat Mahasiswa di Makasar saya bisa bersama Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A. atau sering dikenal Said Aqil Siroj. Dilihat dari keilmuannya   Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, M.A sangat luar biasa beliu lahir   di Pondok Pesantren tentuanya ilmu agamanya tidak diragukan lagi beliau menjabat sebagai Ketua Umum PBNU untuk periode kedua (2015-2020) dan pernah menjadi Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004).  Adapun  yang sudah dibuatnya adalah:

·         I’jaz al-Qur'an dan Metodologi Tafsir, Penerbit Dina Utama Semarang (Dimas) Toha Putra Group tahun 1993
·         Ushul Fiqh, Sejarah dan Suatu Pengantar (proses cetak)
·         Ilmu Takhrij Hadis, Sejarah dan Suatu Pengantar (proses cetak)
·         Perkembargan Hukum Islam Mazhab Syafi'i, Studi Perbandingan Qaul, Qadim dan Qaul Jadid. Penelitian Individual IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
·         Dimensi-Dimensi Kehidupan dalam Perspektif Islam, diterbitkan oleh Universitas Islam Malang (UNISMA), 2001
·         Transfusi Darah ditinjau dari Hukum Islam. Paper Sarjana Muda Fakultas Syari'ah IAIN Raden Fatah Palembang
·         Naqlu al-Dam wa Atsaruhu fi al-Syari'ah al-Islamiyah (Judul Skripsi) Fakultas Syari'ah IAIN Raden Fatah Palembang, 1971 (Sumber: id.wikipedia.org)

Dengan bertemunya dengan beliau mudah-mudahan menjadi berkah. Tergesit dalam hati, ketika bertemu dengannya adalah berdoa agar bisa seperti beliau. Mempunyai ilmu yang berlian serta mengamalkannya. Istajib Du’ana Amin.....
 Alhamdulillah atas izin Allah saya bisa  berkumpul kembali dengan para Ulama kembali ketika MTQ Provinsi Jawa Barat awal dari kepercayaan dari Pemkot Cimahi dikirimkanlah delegasi dari berbagai cabang lomba, termasuk saya sebagai peserta M2IK terkait karya tulis ilmiah Al-Qur'an, Dari sini saya bisa berkumpul dengan para Qari,Tahfid, Mufasir dan Para Dai (Syarhil Qur'an). Tergesit dalam hati ingin seperti orang lain yang mempunyai keahlian dibidang Al-Qur'an (Tilawah,Qiroatus Sab'ah, Syarhil Qur'an, Khat Qur'an dll) hanya saja keahlian yang belum sampai pada tingkatnya/maqomnya. Tetapi diringi dengan niat, ikhtiar dan doa . Insyallah akan tercapai baik itu oleh saya sendiri ataupun oleh keluarga (anak, cucu,cicit dll.)
Hal yang harus dilakukan ketika berkumpul dengan para ulama adalah:
 1. Berdoalah dalam hati semoga Allah menjadikan diri kita seperti beliau
 2. Mintalah doa padanya agar mempunyai ilmu yang berkah
 3. Doakanlah semoga beliau panjang umurnya dan berkah selalu

0 comments:

Post a Comment