Wednesday, March 30, 2016

SHALAT DAN TELAT

SHALAT DAN TELAT
Oleh: M. Andhis Abdillah S. Pd.

Shalat adalah tiangnya agama Islam, sudah barang tentu itu menjadi kunci kesempurnaan seorang hamba Allah. Banyak sekali ayat Al-Qur’an dan hadist yang menjelaskan tentang shalat yang meliputi  perintah,keutamaan, larangan,syarat,rukun,pembatalan, dan waktunya shalat. Hal ini,  sangatlah terperinci dengan jelas  karena ini adalah amalan  yang akan dihisab pertama oleh Allah SWT.
Tanpa disadari ataupun disadari  banyak sekali orang yang TELAT  dalam melaksanakan dalam shalat contohnya:
     1. Telat Shalat karena sibuk pekerjaan/bermain       tetapi  mengerjakan shalat akhir waktu
     2.      Telat sholat karena udzhur (Tidur/Lupa) tetapi       mengerjakan shalat akhir waktu


v  Telat Shalat karena sibuk pekerjaan tetapi  mengerjakan shalat akhir waktu

Rosul menjelaskan “ Shalat Itu Lebih Baik Awal Waktu”  Hanya saja zaman sekarang banyak sekali kaum muslim yang lupa bahkan sengaja, meninggalkan keutamaan shalat di awal waktu.
Ketika terdengar adzan hanya sebatas mendengarkan tanpa menjawab dan melaksanakan panggilan shalat. Hal ini karena terkalahkan oleh kebutuhan DUNIA.
Sika p orang mu’min itu  tidak mengenyampingkan Shalat di atas   kebutuhan dunia . Shalat Nomor Pertama.
Alhamdulillah mendapatkan ilmu dari Syaihuna Al-Mukarom KH. Mumu Abdul Mukti   Pimpinan Pondok Pesantren Al-Barokah  berpesan: (Rabu, 30/Maret/2016 )
                      “  SHALAT TEH KUDU DITUNGGUAN LAIN DITINGGALKEUN”
Artinya: Shalat itu harus kita tunggu bukan kita tinggalkan
Beliau berpesan tungguilah shalat dan sambut dengan persiapan dengan cara berwudhu,Itikaf tadarus Al-Qur'an , murojaah,dll . Janganlah meninggalkan shalat. Mari kita sambut shalat, tidak hanya setelah mendengar adzan kemudia bergegas wudhu. Tetapi kita sambut shalat sebelum adzan dengan berbagai  persiapan dengan cara berwudhu,Itikaf tadarus Al-Qur'an , murojaah,dll.  Telat shalat tetapi  mengerjakan shalat akhir waktu ini adlah amalan yang kuarang baik namun mendapatkan predikat baik daripada tidak shalat.

v  Telat sholat karena udzhur (Tidur/Lupa) tetapi  mengerjakan shalat akhir waktu
Udzhur shalat ketiduran karena tidak ada yang membangunkan itu di perbolehkan, yang tidak diperbolehkan adalah ketika ada orang yang mengingatkan tetapi tidak di respon bahkan sengaja melupakan. Begitupun sama lupa karena tidak disengaja dan pada saat itu teringat  ketika akhir waktu shalat maka diperbolehkan, sebagai penggantinya adalah qodo.
Sebagai masukan cobalah  membuat alrm shalat menggunakan HP/Bel Jam sehingga waktu shalat selalu diingatkan.
Semoga Kita Termasuk Orang Mukmin Yang TEPAT SHALAT TIDAK TELAT SHALAT


Insyallah Allah dilanjut pembahasan TINGGAL SHALAT  SUSAH SEKARAT

0 comments:

Post a Comment