Wednesday, March 30, 2016

WACANA YANG TAK MUDAH TERLAKSANA

WACANA YANG TAK MUDAH TERLAKSANA
Oleh: M. Andhis Abdillah S.Pd.

Manusia berhak untuk berencana namun hakekat Allah yang memastikan itu terjadi. Hanya saja ketetapan Allah (Takdir Mubrob) dapat dirubah dengan ikhtiar.  Allah SWT berfirman
إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ * سورة الرعد 
Artinya : … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … ( QS. Ar-Ra’du 11 )


Tentunya ketika semangat sedang menggelora untuk menggapai apa yang kita inginkan. Pasti usaha kita maksimal, hanya saja Allah yang memutuskan itu akan kita capai atau tidak . Janganlah keluh kesah apalagi GALAU  tingkat tinggi  (lupa daratan dan lautan). Allah akan memberikan yang terbaik' mungkin apa yang kita inginkan itu menurut Allah TIDAK COCOK! sehinga Allah memberikan yang COCOK dan BERKAH bagi kita. Cara Allah mengijabah doa dan ikhtiar ada 3 cara:
    1.       Allah langsung memberikan apa yang kita inginkan
    2.         Allah menggantikan apa yang kita inginkan dengan yang lain
3.         Allah akan berikan kelak di akhirat yang kekal dan abadi
Wacana manusia begitu banyak, hanya saja ikhtiar dan doa seringkali manusia   tak upayakan secara maksimal. Karena masih diliputi oleh rasa malas dan keputusasaan. Sekalipun gagal, semangat hidup harus ada tersimpan pada diri kita. Melalui kegagalan wacana yang tak terlaksana inilah, kita akan mendapatkan pelajaran yang luar biasa. Step By Step Insyaallah kita akan bisa melaluinya. Rosulullah Nabi Muhammad Saw cmemberikan doanya kepada umatnya gara tetap semangat dan tak malas.
اللَّـــهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْحَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ   
 وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

 Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ’ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal. 


Semoga Allah SWT memebrikan yang terbaik bagi kita semua.. AMIN!!! Istajib Du’ana

0 comments:

Post a Comment